Pages

Jumat, 06 Januari 2012

Teori Ekonomi Micro

SOAL DISKUSI

1. Jelaskan Pengertian Tentang opportunity cost, berikan contoh Opportunity cost

yang pernah saudara hadapi?

Ø opportunity cost adalah Nilai ekonomis yang hilang ketika seseorang memilih suatu alternative dibandingkan dengan alternative lainnya.

Ø Contoh : manajemen keuangan keluarga. Dengan membuat dan menyusun anggaran belanja, faktor biaya kesempatan dapat kita perhitungkan. Kurangi hal-hal yang bersifat konsumtif seperti membeli pakaian, sepatu, parfum, makan diluar rumah dan lain sebagainya.

2. Apa perbedaan antara Biaya eksplisit dan biaya implicit. Berikan contoh.

Ø Biaya eksplisit adalah pengeluaran-pengeluaran nyata dari kas perusahaan untuk membeli atau menyewa jasa-jasa faktor produksi yang dibutuhkan dalam berproduksi. Contoh: biaya tenaga kerja, sewa gedung, dll.

Ø Biaya implicit adalah biaya yang tidak terlihat. Biaya implicit ini tidak dikeluarkan langsung dari kas perusahaan. Biaya implicit diperhitungkan dari faktor-faktor produksi yang dimiliki sendiri oleh perusahaan. Contoh: Penggunaan gedung milik perusahaan sendiri.

3. Apa yang dimaksud dengan biaya tetap dan apa yang dimaksud dengan biaya variable.

Ø Biaya tetap merupakan jenis biaya yang bersifat statis (tidak berubah)

Ø Biaya variabel jenis biaya yang bersifat dinamis.

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan biaya tetap dan biaya variable.

Ø Biaya tetap merupakan jenis biaya yang bersifat statis (tidak berubah) dalam ukuran tertentu. Biaya ini akan tetap kita keluarkan meskipun kita tidak melakukan aktivitas apapun atau bahkan ketika kita melakukan aktivitas yang sangat banyak sekalipun.

Ø Biaya variabel jenis biaya yang bersifat dinamis. Ia mengikuti banyaknya jumlah unit yang diproduksi ataupun banyaknya aktivitas yang dilakukan. Pada biaya ini, jumlah yang akan kita keluarkan per unit atau per aktivitas justru berjumlah tetap sedangkan untuk biaya secara total jumlahnya akan menyesuaikan dengan banyaknya jumlah unit yang diproduksi ataupun jumlah aktivitas yang dilakukan.

6. Jelaskan istilah Marginal rate of substitution X dan Y

Ø Slope kurva indiferen merupakan perubahan dalam produk Y (dY) dibagi dengan perubahan jasa X (dX). Hubungan ini disebut dengan marginal rate of substitution yang merupakan perubahan dalam konsumsi produk Y yang diperlukan untuk mengimbangi perubahan tertentu dari konsumsi jasa X, jika seluruh tingkat utiliti tidak berubah.

7. Law of diminishing marginal utility merupakan salah satu asumsi dalam model utilitas cardinal.

Jelaskan asumsi tersebut.

Ø “Hukum tentang Nilai Guna Tambahan yang Terus Menurun”. Definisinya adalah : “Setiap penambahan barang yang sama dan sejenis, akan memberikan tambahan kepuasan (marginal) yang diperoleh dari penggunaan barang tersebut (utility) dimana penambahan kepuasan tersebut akan terus menurun nilainya (diminishing).”

8. Permintaan terhadap barang dan jasa oleh masyarakat modern memiliki 2 macam sifat, yaitu beragam ( diversity) dan beubah ubah ( instability) . jelaskan apa yang di maksud dengan permintaan konsumen terhadap barang atau jasa beragam ( diversity) dan berubah-ubah instability

Ø Diversity (Beragam) adalah Setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda – beda sehingga menimbulkan permintaan pasar akan barang dan jasa yang beragam pula.

Ø Instability (Berubah-ubah) adalah permintaan akan barang dan jasa akan berubah – ubah dalam setiap waktu dikarenakan kebutuhan manusia yang terus bertambah dan juga tidak mungkin statis.

Tidak ada komentar: